Cara ampuh mengobati skabies

Scabies (Gudik) Pada Bayi dan Cara Menyembuhkannya

11:07 PM



Bagian tangan. Gak tega liatnya :(



Scabies atau bahasa Jawanya gudik, penyakit gatal sangat menyebalkan yang bandelnya minta ampun untuk disembuhkan. Bagaimana jadinya kalau scabies ini dialami oleh bayi umur 2 Minggu?

Scabies bisa menyerang siapa saja khususnya yang tinggal di Pondok. Makanya disarankan pemakaian handuk tidak boleh campur, baju tidak boleh saling pinjam.

Duh, nangis saya, melihat anak masih bayi belum bisa “sambat” gatel bisanya cuma menangis saja tiba-tiba di tangan dan badan muncul bintik-bintik kecil makin hari makin banyak.

Awalnya kami mengira dia kena debu karena lagi panen jagung. Saya konsultasi ke Bidan disuruh observasi dulu dua tiga hari, bisa jadi karena adaptasi hawa luar. Tapi kok makin hari makin banyak

Akhirnya saya bawa ke Puskesmas untuk dicek, diaknosa awal bisa jadi alergi karena Ibunya makan telur/ayam dan gak cocok di bayi. Dikasih salep (mirip salep 88) yang harus dioles selama 3 hari berturut-turut dan tidak boleh mandi. Pokoknya salep kelihatan kering olesi lagi.

Termasuk saya juga harus pakai salep karena saya masih merasakan gatal.

Hari keempat ada perubahan memang tapi bintiknya muncul satu dua lagi. Puncaknya setelah 10 hari waktu salepnya mulai menipis, bintik muncul lagi dan tambah parah. Kami bawa lagi ke Puskesmas.

Setelah dilakukan penelusuran, bayi tertular gatal dari Ibu, Ibu tertular dari Bapak. Duh, nak,,,, maafkan Ibu ya.

Ini tangan kiri, yang kana juga sama. Gatelnya bikin nangis



Memang selama hamil saya mengalami gatal luar biasa. Apalagi setelah magrib, gatalnya makin menjadi  di bagian tangan dan perut. Awalnya saya mengira ini adalah bawaan  hamil, ternyata setelah bayi lahir gatalnya tidak juga hilang, kedua telapak tangan saya masih gatal. Kadang saat menyusui dan gatal tiba-tiba datang, saya ngukurnya dengan gigi karena kalau cuma diusuk-usuk ke baju tidak mempan. Saya tertular gatal dari suami.

Dokter di Puskesmas memberi resep salep namanya SCABIMITE, dioleskan selama tiga hari tiap sore dan tidak boleh mandi selama pengobatan. Di sisi lain, agar pengobatan maksimal, semua baju popok sprei atau apa saja yang dipakai bayi dicuci dengan air panas, kasur bantal dijemur agar pengobatan maksimal.

Alhamdullilah membuahkan hasil. Pelan dan pasti kulitnya mulai bersih, muncul bintik saya kasih salep, saya tidak ingin kecolongan lagi. Bayi mandi dengan Dettol cair selama proses pengobatan, hampir 2 bulan tidak mandi dengan sabun.

Sebulan lebih, pagi dan sore saya rebus air untuk mencuci baju bayi di bilasan terakhir. Cuaca panas kasur bantal dijemur. 

Untungnya anak ini tidak rewel. Nangis kalau haus atau risih pas habis pipis, tidurnya juga nyenyak. Tapi sungguh, melihat anak dihampiri scabies saya menangis hampir tiap hari melihatnya. Kasian sekali. Saya tahu rasanya gatal kayak apa, direndam air panas pun seperti gak mempan saking bandelnya.

Scabies adalah iritasi kulit yang disebabkan oleh infestasi tungau parasit kecil yang bersembunyi di permukaan kulit. Scabies adalah jenis kuman/kutu hewan yang dapat menyebar pada anak yang baru lahir.

Tungau ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang jadi benar-benar kutu kupret sekali.

Saran saya buat Ibu hamil, jangan remehkan rasa gatal, periksa secepatnya karena bisa jadi itu bukan bawaan hamil. Kasian jika sampai nular ke anak karena scabies ini menular.

Dari pengalaman ini, saya bisa ngasih sedikit tips buat menghilangkan scabies, kuncinya telaten dan sabar, tidak bisa sehari dua, seminggu dua minggu, bahkan ada yang 4 bulan baru bisa sembuh.

Cara menyembuhkan Scabies

1.   Olesi seluruh badan dengan salep namanya SCABIMITE. Termasuk lipetan-lipetan kayak leher, telinga, lutut.  Beli di Apotik (kebanyakan harus resep Dokter jadi lebih baik periksa lebih dulu).
2.    Cuci semua barang yang dipakai dengan air panas. Rendan dengan air panas pada bilasan terakhir biar si tungau mati.
3.   Jemur kasur, bantal, guling saat panas, seminggu sekali, dua kali lebih bagus. Tips lain, saya naruh daun srikaya di bawah kasur dan atas kasur lalu tutup sprei (hasil googling)

Saya juga bikin cairan 5 tetes minyak telon dicampur air segelas lalu saya semprotkan ke kasur, bantal, guling waktu masih dijemur (ini juga hasil googling) tungau tidak suka dengan bau menyengat.

4.   Telaten dan sabar, ini adalah kunci dari segala kunci. Scabies bukan penyakit gatal biasa yang sekali oles sembuh, sekali garuk gatal ilang. Tungau ini hidup di bawah permukaan kulit dan bertelur terus menerus, makanya sembuh di bagian satu bakalan muncul di bagian lain.

Anak saya benar-benar sembuh di minggu kelima dari mulai pengobatan dengan Scamibite dan diiringi dengan cara 1-4 tersebut.

Ini salepnya



Sudah berusaha bersih tapi masih kena scabies juga itu sungguh menyebalkan. Selain itu, untuk menghindari muncul kembali, semua anggota keluarga yang sering nyentuh bayi harus melakukan pengobatan yang sama, olesi dengan scabimite agar benar-benar maksimal.

Di kasus anak saya ini, alhamdulilah Nenek kakeknya yang sering gendong tidak tertular.

Meski sudah sembuh, saya masih trauma saat mendapati ada satu titik kecil di bagian tubuhnya. Segera saya olesi tipis-tipis agar tidak menjadi banyak.










You Might Also Like

1 komentar

  1. Artikelnya sangat penting bagi ibu-ibu yang hamil atau baru melahirkan

    ReplyDelete